UPA PERPUSTAKAAN UBB

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Menakar pasar lada: hitam putih dalam perdagangan
Penanda Bagikan

Text

Menakar pasar lada: hitam putih dalam perdagangan

Reza Lukiawan - Nama Orang;

Lada dijuluki sebagai the king of spices atau rajanya rempah-rempah merupakan komoditas unggulan ekspor Indonesia. Seperti halnya dengan produk rempah-rempah lainnya, lada sudah lama dicari dan diperdagangkan hingga ke berbagai belahan dunia. Lada Indonesia memiliki brand image yang kuat berkat kekhasan aroma dan cita rasa yang kuat seperti lada putih Muntok (Bangka) dan lada hitam Lampung. Dalam beberapa tahun terakhir, persaingan usaha perdagangan lada semakin ketat dengan kemunculan negara kompetitor di antaranya Vietnam dan India. Peningkatan produksi dari para kompetitor turut berdampak pada harga lada yang memukul usaha para petani dan pelaku usaha. Permasalahan lain yang masih dihadapi seperti: 1) pengelolaan perkebunan rakyat masih menggunakan cara budidaya dan penanganan secara tradisional; 2) tanaman sudah berumur tua; 3) harga komoditas lada belum berpihak kepada petani alias masih dihargai rendah karena sistem pemasaran yang belum optimal; dan 4) kelembagaan agribisnis masih lemah. Meskipun tengah menghadapi tantangan, prospek perdagangan lada Indonesia dinilai masih cukup cerah. Permintaan konsumen dunia terhadap lada kita masih cukup tinggi. Hal yang penting pula turut diperhatikan adalah peningkatan mutu dan kualitas lada yang dihasilkan dengan memenuhi persyaratan Standar Nasional Indonesia (SNI) maupun standar internasional untuk pasar global. Strategi untuk ekspansi pasar ekspor ke negara-negara yang memiliki potensi permintaan tinggi juga perlu dilakukan agar pasar semakin luas. Hadirnya buku ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan mengenai seluk beluk serta hitam putih lada Indonesia dalam perdagangan. Selain itu, diharapkan dapat menjadi bahan referensi dan informasi bagi para pemangku kepentingan, pengambil kebijakan, peneliti, akademisi, dan masyarakat secara umum.


Ketersediaan
#
Online 633.8 REZ m
PUBB230316
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
633.8 REZ m
Penerbit
Jawa Barat : Jejak., 2020
Deskripsi Fisik
x, 174 halaman; 23 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
978-623-247-478-9
Klasifikasi
633.8
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
-
Subjek
Lada-Pasar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Menakar pasar lada
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPA PERPUSTAKAAN UBB
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?